• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Interorganization Information System (IOS)

Interorganization information system meliputi sistem informasi global, electronic data interchange (EDI), electronic fund transfer (EFT), extranet, database bersama, pesan terintegrasi dan Supply chain management. IOS merupakan aliran informasi di antara dua organisasi atau lebih. Tujuan utamanya ialah pemrosesan transaksi secara efesien, seperti pengiriman pesanan, rekening, atau pembayaran dengan menggunakan teknologi EDI atau extranet*. Semua hubungan sudah ditentukan sebelumnya sehingga tidak ada negosiasi dan langsung eksekusi (pelaksanaan). Sebaliknya, dalam electronic market, penjual dan pembeli dapat bernegosiasi, mengajukan tawaran, menyepakati suatu order, dan menyelesaikan pelaksanaannya secara online maupun offline. Interorganizational information system hanya bisa digunakan untuk aplikasi B2B, sedang electronic market bisa terdapat dalam kasus B2B maupun B2C. IOS merupakan kesatuan sistem yang mencakup sejumlah partner bisnis. Suatu IOS tertentu akan memasukkan suatu perusahaan dengan suppliernya dan atau pelanggan dalam sutu jaringan. Melalui IOS, pembeli dan penjual menyusun transaksi bisnis secara rutin. Tukar-menukar informasi terjadi melalui jaringan komunikasi menggunakan format yang sudah ditentukan sebelumnya, sehingga tidak perlu ada hubungan telepon, dokumen kertas atau korespondensi perusahaan lagi. Di masa lalu, IOS dikirim melalui Link komunikasi yang dimiliki secara tertutup. Namun sekarang, banyak IOS berpindah ke internet, kebanyakan melalui extranet. Istilah IOS menunjukan pada gambaran mengenai berbagai aktivitas bisnis, bebarapa di antarannya ada yang digunakan aktivitas yang tidak ada kaitannya dengan e-Commerce. Jenis interorganizational informastion system yang paling penting adalah:

  • Sistem Informasi Global. Perusahaan transnasional, perusahaan global, perusahaan multinasional dan perusahaan internasional membutuhkan sistem informasi global. Perusahaan-perusahaan yang termasuk transnasional antara lain General Electric. Colgate-Polmolive dan Caterpillar. General Electric merupakan perusahaan yang paling mengagumkan, merupakan peringkat pertama pada tahun 2002. Colgate-Polmolive merupakan perusahaan-perusahaan yang paling mengagumkan peringkat tiga puluh enam pada tahun 2002. Peringkat Colgate-Polmolive tahun sebelumnya adalah peringkat tujuh puluh (70) dan Caterpillar merupakan perusahaan yang paling mengagumkan di peringkat tiga puluh enam (37), yang sebelumnya peringkat enam puluh tujuh (67). Caterpillar (www.caterpillar.com) memproduksi dan merakit komponen di berbagai negara. Dari fasilitas produksi khusus di berbagai negara dikirim ke tempat perakitan dan kemudian baru dikirim kepada pelanggan di pasar dunia. Perusahaan-perusahaan yang termaksuk perusahaan global antara lain Coca cola, Mc Donald, Harley Davidson dan Gap. Gap adalah sebuah contoh perusahaan yang menentukan pemasok global. Gap mencari pemasok produk di seluruh dunia untuk pemasok organisasi pengecernya di AS. Masing-masing perusahaan ini beroperasi secara global, tetapi tidak satupun yang mencoba untuk membuat global fungsi organisasi kunci. Harley Davidson merancang dan membuat sepeda motor super berat di Amerika serikat dan pasar dunia dijadikan sasaran pasarnya. Investasi yang dilakukan di luar negeri adalah pemasaran. Harley Davidson memperoleh keunggulan bersaing karena dirancang dan dibuat di Amerika. Perusahaan yang didirikan oleh William Harley, Arthur Walter dan William Davidson ini telah menempelkan nama mereka pada tanki sepeda motor sejak tahun 1903. Perusahaan yang mempunyai misi "mengisi mimpi lewat pengalaman mengendara sepeda motor dengan menyediakan sepeda motor untuk masyarakat umum dengan mengembangkan lini sepeda motor dan produk dan jasa bermerek dalam pasar yang terpilih". Produk dari Harley Davidson terdiri dari sepeda motor, asesoris sepeda motor yang asli, pakaian sepeda motor, dan perusahaan sepeda motor Buell yang bekerja sama sejak tahun 1993. Dealer Harley Davidson ada di lebih dari 60 negara, termaksud indonesia. Di setiap negarapun tersebar di kota-kota besar. Dealer di indonesia ada di jakarta dan Denpasar Bali. Situs e-Commerce Harley Davidson.
  • Electronic data interchange (EDI) = (Pertukaran data elektronis) yang memberikan koneksi B2B secara aman ke value-added-network (VAN). Hawlett. Packard (HP), perusahaan raksasa komputer, setiap bulan melaksanakan transaksi secara elektronik di atas satu juta transaksi denga menggunakan EDI. Sekarang kebanyakan berbasis internet. HP menggunakan EDI berbasis jaringan untuk mengerjakan bisnis dengan perusahaan kecil yang selain itu tidak pernah dapat menghasilkan biaya dan kompleksitas dari EDI transaksional, tetapi EDI berbasis jaringan menyedikan alternatif-alternatif bila mana EDI tidak sesuai dengan sebelumnya. Alat khusus diletakkan pada sistem untuk membuat basis formulir masuk seperti EDI. Pemakaian tidak melihat EDI secara keseluruhan, tetapi hanya dapat pada aplikasi. EDI berbasis jaringan tidak hanya menjadi pelengkap EDI tradisional tetapi dapat diganti. EDI berbasis VAN untuk banyak aplikasi, khususnya ketika keamanan dan kapasistas internet diperbaiki dengan menggunakan jaringan privat virtual (VPNs). Lihat e-Commerce HP (www.hp.com).
  • Electronic fund transfer (EFT) atau transfer dana electronis. Merujuk pada transfer uang ke dan dari institusi keuangan menggunakan jaringan telekomunikasi. EFT sekarang digunakan secara luas, pendanaan, debit, kredit & pembayaran elektronik antar bank dan antar pelanggan. BCA adalah salah satu contoh yang menggunakan Electronic Fund Transfer. Perbankan Elektronik dari BCA menangani berbagai macam pelayanan, antara lain ATM BCA (Paspor BCA), Debit BCA, Tunai BCA, BCA by phone, Internet Banking dan Mobile Banking. Paspor BCA, satu kartu banyak bisanya. Cukup satu kartu untuk mengakses semua layanan BCA, lebih praktis dan nyaman. Bisa untuk melakukan transaksi perbankan di ATM BCA, registrasi Klik BCA atau m-BCA di ATM BCA. Paspor BCA bisa untuk berbelanja debit dan tarik tunai di berbagai merchant bertanda Debit BCA dan Tunai BCA. Bankan, Anda bisa melakukan transaksi di luar negeri dengan Paspor BCA melalui jaringan Cirrus dan Maestron. Karena Paspor BCA mampu mengakses semua layanan BCA yang begitu luas secara aman dan nyaman, tidak heran bila BCA meraih Platinum Award for Best Maestron/Cirrus Deposit Acces Program 2002. Penghargaan yang diperoleh dalam Asia/Pasifik Marketing Awards, salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan MasterCard Asia/Pacific Annual Meeting 2002 di Shanghai, Cina, 12-13 Maret 2002. BCA merupakan bank yang paling tangguh setelah pemulihan ekonomi, walaupun sempat mengalami "rush" ketika Presiden Suharto turun, dan hampir bangrut. Setelah diambil pemerintah, masyarakat percaya kembali sehingga dana pihak ketika mencapai Rp.77,81 triliun per 30 Juni 1999. BCA tumbuh menjadi Bank Retail/Consumer terbesar di indonesia. Ini dibuktikan dengan jumlah nasabah yang pada Agustus 1999 mencapai 7,7 juta nasabah perorangan dan 300 ribu nasabah perusahaan. Dari sekitar 8 juta nasabah BCA, lebih dari 5 juta di antarannya menjadi pemegang kartu ATM/Debit BCA. Electronic Fund Transfer ini merupakan salah satu penunjang kesuksesan BCA, sesuai misi BCA di industri perbankan. Indonesia, yaitu memberikan jasa perbankan yang lengkap, berkualitas dan profesional, baik untuk dunia usaha maupun untuk masyarakat umum melalui jaringan dan teknologi handal.
  • Ekstranet memungkinkan orang-orang yang ada di luar perusahaan untuk bekerja bersama dengan karyawan yang ada di internal perusahaan (internet). Awalnya ekstranet digunakan untuk menfasilitas aliran informasi di antara partner bisnis, antara perusahaan dengan pelanggannya. General Motor melakukan proyek inovasi untuk melaksanakan keduanya. GM menginginkan untuk mengubah cara memasarkan mobil dengan menggunakan ekstranet yang menyediakan akses kepada kios penjualan dan pembantu digital personal. GM merencanakan untuk meletakan kios interaktif dalam dealer dan mallnya, tetapi sistem juga memungkinkan pembeli (toko) membeli mobil dan truk dari rumah. GM membantu pembeli dalam menentukan mobil yang cocok dengan gaya hidup mereka. Alamat untuk fasilitas itu ada di www.gmbuypower.com.
  • Integrated messaging merupakan pengiriman e-mail dan dokumen fax melalui satu sistem transmisi elektronik tunggal yang dapat mengkobinasikan Electronic Data Interchange (EDI), e-mail, dan electronic form.
  • Shared database (database bersama) adalah informasi yang tersimpan di gudang info, dimiliki secara sesama partner dagang dan bisa diakses semua pihak. Database seperti ini sering digunakan untuk mengurangi waktu tempuh dalam mengkomunikasikan informasi antarpihak serta dalam menyusun kegiatan kerjasama. Pembagian itu kebanyakan dilakukan melalui extranet. Cigna merupakan perusahaan re-asuransi yang melakukan pendekatan proaktif terhadap perusahaan asuransi. Cigna membantu klien perusahaan mendefiniskan kembali risiko yang membantu perusahaan asuransi untuk dapat membangun keunggulan bersaing lewat pengembangan produk-produk yang inovatif untuk pelanggannya. Cigna menerapkan "database bersama" yang dapat diakses oleh perusahaan asuransi.
  • Supply chain management - kerjasama yang dilakukan antara satu perusahaan dengan supplier dan/atau pelanggannya mengenai prakiraan permintaan, manajemen investory, dan pemenuhan order. Ini bisa mengurangi investory, mempercepat pengapalan, dan memungkinkan manuufaktur just-tim. Salah satu perusahaan yang menggunakan supply chain management adalah MEXX. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 1980 dan merupakan merk gaya hidup global. Perusahaan yang mempunyai filosofi yang diinspirasikan oleh individu berfikir positif dengan mengelola perusahaan. Pusat rumah fashion dengan pendapatan 500 juta dolar yang berkantor pusat di Voorschoten Belanda harus menjaga 90 toko retail dan 500 pedagang besar di 41 negara dengan menyediakannya secara efesien. MEXX harus mengelola proses distribusi dan persediaannya secara efesien. MEXX menginginkan untuk memberikan pemakai dapat mengakses langsung informasi tanpa dipengaruhi oleh sistem transaksi kinerja-sensitifnya. Untuk mencapai tujuan tersebut MEXX menciptakan data cerdas untuk seluruh bisnisnya dan menggunakan teknis canggih untuk mengambil data yang terkumpul dalam sistem transaksinya. Sekarang, perusahaan memperoleh askses tepat waktu terhadap data yang handal dan menghasilkan informasi yang dapat menyederhanakan "supply chain administration". Informasi yang diperoleh dapat berupa indicator kinerja kunci, misalnya kinerja toko dna produk, rata-rata penjualan, penjualan persediaan dan tingkat keuntungan.
Dari Hasil Buku Karya M.Suyanto. Makasih

No comments:

Post a Comment

J-Theme