Manajemen adalah proses penggunaan berbagai sumber daya
organisasi melalui berbagai fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan/ pengendalian.
Dari pengertian tersebut dapat diuraikan tiga hal;
- Manajemen sebagai body of knowledge, artinya organisasi menjadi suatu rangkaian teori, sehingga sejajar dengan ilmu pengetahuan lainnya karena telah teruji dan mempunyai manfaat bagi pemecahan masalah-masalah kehidupan manusia.
- 2. Manajemen sebagai orang, dalam hal ini para manager dalam suatu organisasi yang merupakan satu kesatuan atau secara kolektif berada dalam suatu organisasi yang disebut juga manajemen
- 3. Manajemen sebagai karir, karena ia dapat menggambarkan serangkaian posisi yang berhubungan terus menerus atau abadi, misalnya lulusan program S1 atau S2 Manajemen telah memilih bekerja dalam manajemen artinya ia telah memilih manajemen sebagai kariernya, mulai dari level manajemen paling bawah hingga level manajemen paling tinggi sebagai karier terbuka bagi yang bersangkutan
1. Ketrampilan teknis (technical skill)
yaitu kemampuan manusia untuk menggunakan prosedur, teknik
dan pengetahuan mengenai bidang khusus
2. Ketrampilan manusiawi (Human skill)
adalah kemampuan untuk bekerja sama, memahami, dan
memotivasi orang lain sbagai individu atau dalam kelompok
3. Ketramplan konseptual (conceptual skill)
yaitu ketrampilan untuk mengkoordinasikan dan
mengintegrasikan semua kepentingan dan aktivitas organisai
No comments:
Post a Comment